Senin, 27 Februari 2017

Manfaat Tomat Untuk Kesehatan, Kecantikan dan Rambut

Manfaat Tomat Untuk Kesehatan, Kecantikan dan Rambut


Artikel ini memuat Manfaat tomat, manfaat tomat untuk kesehatan, manfaat tomat untuk kecantikan, kandungan tomat.

Tomat ( saolanum Lycopersicum syn. Lycopersicum Esculentum ) adalah tumbuhan yang kaya akan manfaatnya, seperti manfaat tomat untuk kesehatan dan kecantikan. Tomat tumbuhan dari keluarga Solanaceae, tumbuhan yang berasal dari Amerika Tengah, Amerika Selatan, Meksiko dan Peru. Tumbuhan ini memiliki buah berwarna hijau, kuning dan merah. Tomat biasanya dijadikan sebagai sayur dalam masakan atau biasanya dimakan secara langsung.


manfaat tomat untuk kesehatan, kecantikan dan rambut Buah yang satu ini mempunyai banyak manfaat yang sangat sehat bagi tubuh jika kita mengonsumsi tomat dengan rutin sesuai dengan takarannya. Semakin berkembangnnya pengetahuan, sekarang tomat tidak hanya digunakan sebagai sayuran atau lalapan tetapi tomat biasannya dimanfaatkan untuk kecantikan antara lain adalah untuk mengecilkan pori-pori dan mencerahkan kulit karena tomat kaya akan kandungan vitamin C. Tetapi manfaat yang paling banyak adalah manfaat tomat untuk kesehatan.

Kandungan pada buah tomat


Tomat juga mengandung empat jenis karotenoid utama yaitu alpha, betakaroten, lutein, dan lycopene. Karotenoid ini dapat bermanfaat secara individu, tetapi juga memiliki sinergi sebagai sebuah kelompok (yaitu, mereka berinteraksi untuk memberikan manfaat kesehatan). Secara khusus, tomat mengandung jumlah yang mengagumkan dari lycopene yang diperkirakan memilik manfaat antioksidan yang paling tinggi semua karotenoid.

Nutrisi didalam satu porsi tomat mentah 150 gram

  • Vitamin A, vitamin C, vitamin B3 dan vitamin K
  • Zat besi
  • Serat
  • Mangan
  • Asam folat
  • Folat
  • Kalium
  • Sodium
  • potasium
  • Lemak jenuh
  • Kolestrol
  • Kalori yang rendah
  • Mineral yang baik seperti, Thiamin, Niacin, Magnesium, Fosfor, Tembaga dan vitamin B6

kandungan pada tomat




Tomat juga mengandung empat jenis karotenoid utama yaitu alpha, betakaroten, lutein, dan lycopene. Karotenoid ini dapat bermanfaat secara individu, tetapi juga memiliki sinergi sebagai sebuah kelompok (yaitu, mereka berinteraksi untuk memberikan manfaat kesehatan). Secara khusus, tomat mengandung jumlah yang mengagumkan dari lycopene yang diperkirakan memilik manfaat antioksidan yang paling tinggi semua karotenoid.

Menurut sebuah study yang dilakukan dari Ohio State University tentang manfaat tomat untuk kesehatan, tomat yang dikonsumsi dengan lemak sehat dapat membantu penyerapan phytochemical karotenoid pada tubuh hingga meningkat 2 sampai 15 kali. Semua ini merupakan nutrisi yang diperlukan untuk kesehatan tubuh yang baik.


Manfaat tomat untuk kesehatan

Manfaat tomat buat kesehatan memang sangat banyak dikarenakan kandungan yang terdapat pada tomat sangat banyak. Tidak heran sekarang tomat dijadikan obat alternative bagi yang membutuhkan. Apa saja manfaat tomat bagi kesehatan? Setelah saya mencari kesana kemari akhirnya terkumpul juga manfaat dari buah yang luar biasa ini, diantaranya ialah

  • Tomat Dapat mengobati kanker dengan ampuh


Studi tentang kanker menemukan tomat yang dikombinasikan dengan brokoli saling bersinergi dan dapat membantu mengurangi kanker. Dalam penelitian tersebut memberikan hasil bahwa tumor prostat tumbuh lebih lambat pada tikus yang diberi makan tomat dan bubuk brokoli dibandingkan pada tikus yang diberikan likopen sebagai suplemen atau hanya makan brokoli atau tomat saja.

Kandungan likopen
Studi pada University of Montreal menunjukkan bahwa diet yang kaya akan tomat dapat membantu mengurangi risiko kanker pankreas. Para peneliti menemukan bahwa kandungan likopen (kandungan utama pada tomat) dikaitkan dengan penurunan 31% risiko kanker pankreas pada laki-laki dengan asupan tertinggi dan terendah zat tersebut. Kandungan ini lebih banyak terdapat pada tomat-tomat yang sudah dimasak.

  • Meningkatkan kemampuan mata


Tomat mengandung antioksidan yang sangat power full yaitu : beta karoten (yang tertanggung jawab terhadap fungsi vitamin A dalam tubuh). Vitamin A yang disediakan oleh tomat dapat meningkatkan kemampuan penglihatan dan membantu mencegah rabun senja. Penelitian terbaru yang meneliti manfaat tomat untuk kesehatan mata menunjukkan bahwa mengkonsumsi tomat dapat membantu mengurangi risiko degenerasi makula, sebuah kondisi mata yang serius dan tidak dapat diobati.


  • Tomat Dapat menurunkan berat badan


Tomat dapat membantu menurunkan berat badan sebagai menu diet, yang dibuat dengan rencana olahraga yang juga harus dilakukan. Mengkonsumsi banyak tomat ke dalam makan sehari-hari dengan membuatnya sebagai camilan seperti salad, casserole, sandwich dan makanan lainnya. Karena tomat mengandung banyak air dan serat, sehingga menjadi salah satu makanan yang dapat mengisi perut dengan cepat, tanpa menambahkan resiko penambahan kalori atau lemak di dalamnya.

  • Dapat memperbanyak asi pada ibu menyusui


Ibu menyusui membutuhkan makanan yang mampu meningkatkan produksi asi. Namun tomat juga bisa menjadi alternatif lain, untuk meningkatkan konsentrasi likopen ASI. Dalam hal ini, tomat yang telah dimasak akan memberikan hasil yang terbaik. Karena para peneliti menemukan bahwa produk tomat seperti saus tomat memberikan peningkatan konsentrasi likopen dalam ASI lebih dari tomat segar.

  • Mengurangi rasa sakit


Jika kemungkinan anda sering mengalami rasa nyeri, seperti arthritis atau nyeri punggung), tomat dapat meringankan rasa sakit ini. Kandungan bioflavonoid dan karotenoid, merupakan zat anti inflamasi yang mampu mengatasi peradangan. hal ini termasuk juga pada peradangan yang terjadi pada penyakit kronis yang biasanya membutuhkan obat untuk melawan rasa sakit (anti inflamasi).

  • Tomat Dapat menjaga kesehatan jantung


Kandungan potasium dapat membantu tubuh menjaga kesehatan jantung selain itu kandungan serat, kalium, vitamin C, dan kolin dalam sebuah tomat sangat penting untuk jantung. Jenis asupan kalium dan dikombinasikan dengan diet rendah natrium dapat membantu menghindarkan kita dari penyakit akrdiovaskular.

  • Tomat Dapat mencegah hipertensi


Mengurangi sodium merupakan salah satu langkah dalam mencegah penyakit hipertensi, namun meningkatkan asupan potasium sangat penting untuk membantu dalam mencegah terjadinya tekanan arah tinggi.

Manfaat tomat untuk kecantikan dan rambut


manfaat tomat untuk kecantikanTomat mempunyai kandungan betakaroten dan vitamin A yang bias memberikan khasiat untuk menyehatkan kulit dan rambut. Betakaroten dapat membantu melindungi kulit terhadap kerusakan akibat sinar matahari langsung dan vitamin A sangat baik untuk rambut. Apakah saja manfaat tomat buat kecantikan? Setelah kita membahas manfaat tomat untuk kesehatan. Mari kita telusuri lebih dalam tentang khasiat tomat untuk kecantikan.


  • Tomat Dapat mengatasi kulit berminyak


Pada kulit yang berminyak, beberapa masalah kulit sering muncul. Jerawat dapat dicegah dengan penggunaan masker tomat setiap seminggu dua kali. Kombinasi masker tomat dan alpukat juga membantu mengatasi komedo karena keduanya bersinergi dengan zat alami anti kuman dan mencegah iritasi pada kulit.

Cara Penggunaan :

Iris buah tomat segar seperlunya
Tempelkan pada kulit berminyak 10-15 menit
Bilas dengan air bersih
Lakukan secara rutin pagi dan malam sebelum tidur. Minyak pada kulit akan segera menghilang.

  • Tomat Dapat Mengatasi kerontokan rambut


Vitamin A yang terdapat pada tomat, sangat baik menjaga kilauan dan kekuatan rambut. Dan berfungsi nyata juga bagi kesehatan gigi dan tulang. Meskipun tomat memang tidak dapat membantu melebatkan rambut tipis, tetapi tomat dengan mengkonsumsi tomat, akan membuat rambut terlihat lebih baik.

Cara penggunaan :

Jus tomat 1-3 buah sesuai dengan kebutuhan rambut
Keramas rambut dengan jus tomat tersebut.
Atau

Konsumsi tomat mentah secara rutin

  • Tomat Sebagai tabir sinar surya


Terik matahari yang secara langsung membakar kulit, dapat dicegah dengan tomat yang dibalurkan pada kulit. Kandungan lycopene di dalam tomat, membuat kulit lebih sensitif terhadap kerusakan sinar UV. Selain itu, bila terjadi peradangan dapat ditambahkan sedikit yogurt pada kulit yang terjadi peradangan.

Cara penggunaan :

Jus tomat 1 – 2 buah tanpa air
Oleskan pada kulit secara merata sebelum keluar rumah
Biarkan 10-15 menit
Lalu bersihkan dengan air bersih.

  • Tomat Dapat mencegah jerawat


Selain mengandung vitamin C yaitu manfaat tomat untuk kesehatan. Tomat juga mengandung vitamin E yang dapat digunakan sebagai pencegah jerawat datang kembali di kulit wajah. Penggunaannya cukup mudah yaitu dengan menjadikannya masker.
Cara Penggunaan :

Iris 1 buah tomat
Tempelkan pada kulit wajah tempat jerawat anda.
Biarkan 30 menit.
Bilas dengan air bersih.
Lakukan secara rutin


  • Tomat Dapat mencegah komedo

Komedo merupakan salah satu masalah kulit yang dapat dimanfaatkan dengan tomat. Penyebab utama komedo adalah adanya minyak yang mengendap di kulit wajah. Menjadikan tomat sebagai masker akan sangat efektif mencegah dan menghilangkan komedo.

Cara Penggunaan :

Iris 1 buah tomat
Tempelkan pada kulit wajah tempat jerawat anda.
Biarkan 30 menit.
Bilas dengan air bersih.
Lakukan secara rutin.

Memang buah tomat banyak akan manfaat yang banyak, selain manfaat tomat untuk kesehatan tomat juga berguna untuk kecantikan dan rambut. Tidak heran buah tomat disukai para wanita karena akan khasiatnya. Tetapi tidak semua orang mengetahui akan Manfaat Buah Tomat sebesar ini, sehingga belum banyak orang yang memanfaatkan akan manfaat tomat. Sampai disini dulu pembahasan tentang manfaat tomat dan jangan bosan-bosan untuk membaca dan terima kasih atas kunjungannya, semoga kita akan sehat selalu…aminn.

sumber dikutip dari manfaat.co.id

0 komentar:

Posting Komentar