Sabtu, 11 Maret 2017

Rahasia Kandungan dan Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan

Rahasia Kandungan dan Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan


Rahasia Kandungan dan Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan – Buah mangga berasal dari sekitaran perbatasan india dengan Burma. Buah mangga selain enak akan rasanya, buah ini juga banyak manfaat bagi kesehatan. Karena kandunga yang ada di dalam buah mangga sangat bermanfaat bagi tubuh. Tidak heran buah ini sering digunakan obat alternatif.

Rahasia Kandungan dan Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan



Kandungan Buah Mangga

Mangga termasuk buah yang kaya nutrisi merupakan sumber serat, mengandung senyawa bioaktif seperti provitamin A (karotenoid), vitamin C (asam askorbat) dan fenolat. Rata-rata kandungan gizi per 100 g mangga mentah adalah air 83,5 g, energi 60 kkal, protein 0,8 g, total lemak 0,4 g, karbohidrat 15 g, total serat 1,6 g, total gula 13,7 g, kalsium 11 mg, fosfor 14 mg, Fe 0,16 mg, kalium 168 mg, vitamin C (jumlah asam askorbat) 36,4 mg, vitamin A 1082 IU, vitamin E (α-tokoferol) 0,90 mg, riboflavin 0,04 mg, niacin 0.67 mg, thiamin 0,03 mg, vitamin B6 0,12 mg, folat (DFE) 43 pg (USDA, 2011). Sedangkan zat gizi pada biji mangga berdasarkan hasil penelitian Taty Rusliati dan Zulhipri bertempat di Universitas Negeri Jakarta adalah dari 10 gr biji mangga indramayu memiliki kadar karbohidrat 19,53%, lemak 3,80% dan protein 3,78%.


Manfaat Buah Mangga bagi Kesehatan

Apa saja manfaat buah mangga bagi kesehatan? Manfaat Buah Mangga bagi Kesehatan sangat banyak diantaranya:


  • Mencegah Berbagai Kanker

Para ahli meyakini mangga adalah sumber karotenoid yang disebut beta crytoxanthin, yaitu bahan penumpas kanker yang baik. Mengonsumsi buah mangga dapat membantu tubuh menangkal berbagai jenis kanker seperti kanker usus besar, payudara serta prostat. Hal ini juga dikarenakan buah mangga mengandung senyawa penting yaitu quercetin, isoquercitrin, astragalin, fisetin, asam galat serta methilgallat.

  • Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Kandungan serat yang cukup tinggi, pektin serta vitamin C dalam mangga sangat efektif untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

  • Meningkatkan Kesehatan Mata


Mangga sangat baik untuk menutrisi kesehatan mata. Hal ini karena buah mangga megandung antioksidan karotenoid, seperti senyawa provitamin A, beta-karoten, lutein dan alpha-karoten.

  • Melindungi Organ Pencernaan


Mangga merupakan salah satu buah yang kaya akan serat alami. Serat alami tersebut dapat melindungi dan menyehatkan organ-organ pencernaan. Satu buah mangga mengandung tujuh gram serat yang dapat membantu melindungi sistem pencernaan.

  • Manfaat buah mangga dapat Kekebalan Tubuh.

Kaya akan vitamin C, A serta 25 jenis karotenoid menjadikan mangga sangat efektif untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang.

  • Manfaat buah mangga dapat Menurunkan Berat Badan

Mangga dapat menjadi salah satu menu dalam program diet. Hal ini karena mangga kaya akan serat, vitamin dan nutrisi lainnya yang dapat membantu tubuh merasa kenyang lebih lama, sehingga menurunkan nafsu makan yang berlebih.

  • Obat Beberapa Penyakit


Di India mangga yang masih hijau digunakan sebagai obat gangguan darah, empedu, dan saluran pencernaan. Mnegonsumsi mangga muda secara teratur dapat menyembuhkan gangguan darah, karena menambah kelenturan pembuluh darah, membantu pembentukan sel-sel baru, mencegah pendarahan dan menyembuhkan sariawan. Selain itu buah mangga muda dapat berkhasiat untuk mengatasi diare, disentri, wasir dan sembelit.

  • Meningkatkan Daya Ingat

Buah mangga mengandung kadar asam glutamin yang cukup banyak yang dapat membantu meningkatkan daya ingat. Karena manfaat inilah buah mangga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh anak-anak agar anak  menjadi lebih cerdas.

  •  Cocok untuk ibu hamil


Manfaat buah mangga bagi kesehatan juga bermanfaat bagi ibu hamil, karena mangga muda dapat mengurangi rasa mual yang umumnya dialami di awal kehamilan. Namun ibu hamil harus juga memperhatikan kesehatan lambung. Selain meredakan mual, mangga juga mengandung zat besi tinggi. Zat besi ini dibutuhkan untuk menunjang kesehatan janin dan mencegah ibu hamil dari anemia.


Demikian ulasan tentang Rahasia Kandungan dan Manfaat BuahMangga Bagi Kesehatan. Informasi tersebut dapat menambah pengetahuan bahwa buah-buahan sangat baik untuk kesehatan salah satunya adalah mangga. Jadi jangan sia – siakan anugrah dari Sang Maha Kuasa ini, konsumsi secukupnya dan rasakan manfaatnya. Terima kasih dan salam sehat.


Sumber dikutip dari http://stikesindramayu.ac.id/read/194/berbagai-manfaat-kesehatan-mangga-si-buah-indramayu.html

1 komentar:

  1. dapat ilmu lagi nhe...mampir ya sob...http://www.duniacerita.com/

    BalasHapus