Selasa, 07 Maret 2017

Rahasia Manfaat Wortel Untuk Kesehatan, Kecantikan dan Ibu Hamil

Rahasia Manfaat Wortel Untuk Kesehatan, Kecantikan dan Ibu Hamil


Rahasia Manfaat Wortel Untuk Kesehatan, Kecantikan dan Ibu Hamil – wortel adalah tumbuhan biennial ( siklus hidup 12 – 24 bulan ) yang banyak mengandung karbohidrat dalam jumlah besar. Wortel biasanya digunakan untuk sayuran atau untuk membuat jus. Wortel kaya akan manfaat untuk kesehatan, kecantikan ataupun untuk ibu hamil.


Kandungan nutrisi pada wortel

Wortel memang kaya akan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Selain vitamin A, wortel juga mengandung vitamin B1, B2, B3, B6, B9 dan vitamin C. Serta mengandung kalium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, betakaroten dan sodium. Mengkonsumsi wortel baik untuk penglihatan pada mata, terutama bisa meningkatkan pandangan jarak jauh.


Manfaat wortel untuk kesehatan

Tidak dapat dipungkiri manfaat wortel untuk kesehatan sangatlah banyak karena sayuran ini mengandung banyak vitamin, protein dan mineral yang baik bagi kesehatan. Manfaat wortel untuk kesehatan antara lain :

  • Wotel dapat menjaga kesehatan mata


Wortel kaya betakaroten (vitamin A), zat gizi penting yang diperlukan oleh mata. Senyawa ini memang tidak dapat menyembuhkan kebutaan, namun dapat memperbaiki kondisi mata akibat kekurangan vitamin A. Sifatnya yang antioksidan dapat mencegah katarak dan degenerasi makula yang kerap menimpa para lansia.

  • Wortel dapat menurunkan kolesterol


Penelitian oleh Robertson dkk menunjukkan mereka yang makan 200 g wortel mentah setiap hari selama 3 minggu, kolesterolnya turun sebanyak 11%. Begitu juga penelitian yang dilakukan di Harvard University, AS. Mereka yang makan wortel 5 x seminggu, menurunkan risiko stroke hingga 68%. Sedangkan dari penelitian di Universitas Brussels diketahui vitamin A yang terkandung di dalam wortel dapat mencegah cacat dan kematian akibat stroke. Diperkirakan penurunan kadar kolesterol ini berkat kandungan calcium pectate, jenis serat larut.

  • Wortel dapat mencegah kanker


Di dalam wortel  memiliki kandungan hidrat arang, fosfor, beta karoten yang menjadikannya sangat baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan beta karoten, dipercaya ampuh untuk mencegah tubuh dari serangan  kanker.  Penelitian menunjukkan, orang yang mengkonsumsi wortel 2 kali sehari, dapat menurunkan 17 % resiko penyakit kanker payudara.

Penelitian lain juga menunjukkan bahwa wortel dapat mengurangi risiko kanker paru-paru, kanker payudara dan kanker usus besar. Peneliti menemukan zat falcarinol dan falcarindiol yang merupakan zat antikanker.

Falcarinol adalah pestisida alami yang dihasilkan oleh wortel yang melindungi akar dari penyakit jamur. Wortel adalah salah satu-satunya sumber sayuran yang memiliki zat ini. Sebuah penelitian menunjukkan risiko kanker 1/3 lebih rendah dari tikus yang mengkonsumsi wortel.

  • Melancarkan sembelit

Serat yang terkandung pada wortel menaikkan volume feses hingga 25% sehingga urusan ke belakang menjadi lancar.


  • Kesehatan ginjal
Sifat penyembuhan dalam jus wortel sangat membantu untuk membersihkan dan menyaring ginjal. Meskipun ahli mengatakan bahwa orang-orang dengan penyakit gagal ginjal tidak boleh minum jus, ternyata lain halnya dengan wortel, sayuran ini sangat ampuh untuk menjaga kesehatan ginjal.

  • Dapat mencegah stroke
Studi yang dilakukan di Harvard menunjukkan bahwa konsumsi 6 wortel satu minggu dapat menekan resiko penyakit stroke di bandingkan dengan orang yang hanya mengkonsumsi 1 buah per bulan.


  • Meningkatkan system kekebalan tubuh manusia

Sistem imun tubuh dapat diperkuat juga dengan konsumsi wortel secara rutin. Penelitian menunjukkan memakan wortel yang dicampur dengan ketumbar, dapat mencegah virus-virus berbahaya menyerang tubuh. Campurlah ketumbar dalam sup wortel untuk mengkonsumsinya dengan bersamaan. Selain itu wortel juga mengandung antioksidan, manfaat antioksidan dikenal sangat penting untuk menjaga dan membuang radikal bebas.


  • Menekan resiko penyakit jantung
Mengkonsumsi 6 biji wortel dalam seminggu, menurut penilitian uneversitas Harvard baru-baru ini, dapat mengurangi resiko kolesterol jahat dalam tubuh, yang dapat menekan resiko penyakit jantung. Zat antioksidan dalam wortel juga membantu menurunkan tekanan darah tinggi, yang dapat memicu penyakit jantung.


Manfaat wortel untuk kecantikan dan kulit

Setelah mengetahui manfaat wotel untuk kesehatan, sekarang giliran apa saja manfaat wortel untuk kecantikan dan kulit yaitu diantaranya :

  • Dapat menjaga kesehatan kulit

Manfaat wortel pada kulit terletak pada kandungan vitamin A dan kandungan zat-zat pendukung lainnya, yamg mampu menjaga kulit agar tetap cantik dan bersinar. Wortel menghilangkan noda hitam pada kulit, akibat pigmentasi. Penggunaanya bisa langsung dikonsumsi atau dibuat sebagai bahan masker. mengkonsumsi wortel secara rutin, akan sangat membantu untuk mencegah serangan berbagai macam penyakit kulit.


  • Mencegah penuan dini
Manfaat wortel yang tidak kalah penting adalah dalam manfaat wortel untuk kesehatan kulit kita. Perpaduan vitamin A dan viatmin C pada wortel mampu menghindari dari kerusakan sel kulit sekaligus meregenerasi jaringan sel kulit yang rusak. Kedua vitamin tersebut juga mampu menjaga kulit dari iritasi akibat paparan radiasi sinar ultraviolet dari sinar matahari.


Manfaat wortel untuk ibu hamil

Tidak hanya manfaat wortel untuk kesehatan dan kecantikan saja, ternyata manfaat wortel juga bisa dirasakan pada ibu yang sedang hamil bila mengkonsumsinya dengan dengan rutin dan sesuai resep dokter atau ahli gizi. Manfaat wortel untuk ibu hamil diantaranya :


  • Baik untuk janin kandungan
Wortel juga bermanfaat untuk janin dalam kandungan karena memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi, selain itu kandungan antioksidan baik untuk menjaganya agar tetap tumbuh sehat.


  • Menjaga kesuburan
Kesuburan merupakan salah satu idaman semua pasangat, konsumsi lah jus apel karena dapat meningkatkan kesuburan kandungan.


  • Kualitas asi yang dihasilkan
Wortel dapat membantu meningkatkan kualitas dan kuantitas ibu yang sedang menyusui.


Tips membuat penyajian wortel
Agar manfaat wortel untuk kesehatan tidak hilang nutrisinya, saya kasih tips yang sederhana saja semoga bermanfaat...cekidot

  • Wotel dimasak dengan sayuran lain, seperti masakan sup atau yang lainnya.
  • Dibuat minuman jus, bisa juga ditambahkan susu atau gual bagi yang tidak suka rasa aslinya wortel.
  • Digunakan sebagai masker wajah, cukup dengan haluskan wortel lalu oleskan pada wajah. Tunggu beberapa menit lalu bilas dengan air.

Wortel memang sayuran yang kaya akan manfaat, tetapi kita harus memperhatikan untuk menkonsumsinya, konsumsilah sesuai dengan rekomondasi ahli gizi atau dokter terpecaya anda. Kami hanya menambah wawasan saja tentang Rahasia Manfaat Wortel Kesehatan, Kecantikan dan Ibu Hamil. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Sumber dikutip dari Wikipedia dan manfaat.co.id

0 komentar:

Posting Komentar