Minggu, 05 Maret 2017

Kandungan Lidah Buaya dan Manfaat Yang Luar Biasa

Kandungan Lidah Buaya dan Manfaat Yang Luar Biasa


Dalam kesempatan kali ini saya akan membahas tentang kandungan lidah buaya dan manfaat yang luar biasa yang tentunya sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Lidah buaya atau nama latinnya aloe vera adalah sejenis tumbuhan yang sudah dikenal dari nenek moyang kita yang sudah dimanfaatkan khasiatnya sejak dahulu kala yaitu seperti penyubur rambut, penyembuh luka, dan untuk perawatan kulit. Memang tanaman ini mudah ditemukan di Indonesia, tetapi belum banyak orang yang mengetahui akan manfaat dari tanaman lidah buaya.

kandungan lidah buaya


Seiring dengan kemajuan teknologi dalam ilmu pengetahuan, manfaat tanaman lidah buaya berkembang sebagai bahan baku industry farmasi dan kosmetika, serta lidah buaya dapat dijadikan makanan dan minuman yang pastinya menyehatkan tubuh. Yang lebih mengejutkan lagi, ternyata tanaman lidah buaya merupakan satu dari 10 jenis tanaman terlaris di dunia yang mempunyai potensi untuk di kembangkan menjadi tanaman obat dan bahan baku industry.


Kandungan lidah buaya dan manfaat pada tubuh

Memang kandungan dari lidah buaya ini sangat banyak, berdasarkan hasil penelitian tanaman ini kaya akan kandungan zat-zat seperti enzim, asam amino, mineral, vitamin, polisakarida, dan masih banyak yang lainnya yang pastinya kandungan lidah buaya dan manfaat untuk kesehatan.
Menurut Wahyono E dan Kusnandar (2002) tanaman lidah buaya bermanfaat sebagai anti inflamasi, anti jamur, anti bakteri dan mampu membantu proses regenersi sel.


Salah satu zat yang terkandung dalam lidah buaya yaitu aloe emodin, sebuah senyawa organic dari golongan antrokuinon yang mengaktivasi jenjang sinyal insulin dan meningkatkan laju sintesis glikogen dengan menghambat glikogen sintase kinase 3beta sehingga sangat berguna untuk mengurangi rasio gula darah. Disamping menurunkan gula darah bagi penderita diabetes, lidah buaya dapat mengontrol tekanan darah, menstimulasi kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit kanker, serta dapat digunakan sebagai nutrisi pendukung penyakit kanker, penderita HIV/AIDS.

Inilah beberapa kandungan lidah buaya/aloe vera antara lain

  • Mengandung semua jenis vitamin kecuali vitamin D
  • Mineral yang diperlukan untuk fungsi enzim
  • Mengandung saponin yang berfungsi sebagai anti mikroba
  • Mengandung 20 dari 22 jenis asam amino


Tanaman ini juga sering digunakan untuk perawatan kecantikan dan sudah digunakan juga pada bahan kosmetik yang sudah diketahui akan manfaatnya bagi kulit tubuh manusia. Dalam penggunaan untuk perawatan kulit , lidah buaya dapat menghilangkan jerawat, lidah buaya dapat melembabkan kulit, detoksifikasi kulit, penghapusan bekas luka dan tanda, lidah buaya dapat mengurangi peradangan serta perbaikan dan peremajaan kulit.

kandungan lidah buaya dan manfaat untuk kesehatan



Aloe vera juga mengandung asam folik yang melindungi system kekebalan tubuh dan kesehatan tubuh yang sering kali terefleksi pada kulit. Inilah sedikit manfaat lidah buaya yang sering kali masyarakat Indonesia belum mengetahui betapa besarnya manfaat lidah buaya ini. Masyarakat biasanya hanya mengetahui manfaat lidah buaya ini sebagai perawatan untuk rambut saja. Sehingga budidaya membaca di Indonesia harus diterapkan untuk menjadikan masyarakat Indonesia mampu memanfaatkan tanaman yang ada disekitar kita dengan sebaik-baiknya.


 Di india saja lidah buaya sudah banyak dikonsumsi masyarakatnya sebagai makanan ringan dan sebagai kosmetik alami. Saya juga akan sedikit memberi tips tentang mengatasi komedo dengan lidah buaya. Caranya cukup mudah dan sederhana yaitu dengan mengupas lidah buaya dan ambil intinya yang berupa lender. kemudian membasuhkan lender tersebut lidah buaya ke area komedo. Lidah buaya ini berperan untuk menghaluskan dan mempercepat proses penyembuhan kulit. Selain untuk menyembuhkan, lidah buaya juga dapat memberikan kesegaran pada wajah.


Semoga informasi tentang Kandungan Lidah Buaya dan Manfaat Yang Luar Biasa dapat bermanfaat bagi para pembaca cari tahu duniaku, dan saya ucapkan terima kasih.

0 komentar:

Posting Komentar