Senin, 06 Maret 2017

Kandungan Jeruk Nipis dan Manfaat Jeruk Nipis untuk Kecantikan serta Pengolahannya

Kandungan Jeruk Nipis dan Manfaat Jeruk Nipis untuk Kecantikan serta Pengolahannya


Jeruk Nipis( Citrus Aurantifolia)

Jerun nipis ( Citrus Aurantifolia) merupakan tumbuhan perdu atau tanaman yang mempunyai banyak dahan dan ranting. Manfaat jeruk nipis sangat banyak seperti manfaat jeruk nipis untuk kecantikan dan kesehatan. Biasanya tanaman ini pun dijadikan bumbu masakan sebagai penambah rasa masam atau sebagai penghilang bau amis. Tumbuhan ini sering kali dimanfaatkan buah dan daunnya.


Jeruk Nipis (Lat Citrus aurantifolia; Famili: Rutaceae) merupakan jenis tumbuhan yang masuk kedalam suku jeruk-jerukan, tersebar di Asia dan Amerika Tengah dikenal juga sebagai jeruk pecel. Pohon jeruk nipis dapat mencapai tinggi 3—6 meter, bercabang banyak dan berduri, daun lonjong, tangkai daun bersayap kecil. Perbungaan muncul dari ketiak daun dan bunga kecil, putih berbau harum. Buah bulat sampai bulat telur, berwarna hijau sampai kuning dan kulit buah tipis mengandung banyak minyak atsiri. 


Daging buah berwarna putih kehijauan, sangat asam, mengandung banyak vitamin C dan asam sitrat. Biji banyak, kecil, bersifat poliembrioni. Di indonesia dapat hidup di dataran rendah sampai ketinggian 1000 meter dari permukaan laut. Tumbuh baik di tanah alkali, di tempat-tempat yang terkena sinar matahari langsung. Perbanyakan dengan biji, okulasi atau cangkok. Buah digunakan untuk membuat minuman, obat batuk dan penyedap masakan dan juga sering dipakai untuk menghilangkan karatan dan mencuci rambut.


Kandungan Jeruk Nipis

Kandungan jeruk nipis setiap 100 g nya, terdapat 51 kal kalori, 0,9 g protein, 0,2 g lemak, 11,4 g karbohidrat, 0,5 g mineral, 33 mg kalsium, 23 mg fosfor, 0,4 mg besi, dan 49 mg asam askorbat. Jeruk nipis juga mengandung asam sitrat, asam amino (triptofan, lisin), minyak atsiri (sitral, limonen, felandren, lemon kamfer, kadinen, gerani-lasetat, linali-lasetat, aktilaldehid, nildehid) damar, glikosida, asam sitrun, vitamin B1, dan C.


Jeruk nipis juga mengandung senyawa kimiawi seperti: Asam sitrat, Asam amino : triptofan dan  lisin, Minyak atsiri : sitral, limonen, felandren, lemon kamfer, kadinen, gerani-lasetat, linali-lasetat, aktilaldehid, nildehid. Damar, Glikosida, Asam sitrun, Lemak, Kalsium, Fosfor, Zat besi, dan belerang. Kandungan nutrisi dan gizi Jeruk Nipis Per 100 Gram : Vitamin C , sebesar 27 mg Vitamin B1, sebesar 0.04 mg Protein , sebesar 0.9 gram Lemak , sebesar 0.2 gram Karbohidrat, sebesar 11.4 gram Mineral , sebesar 0.5 gram Kalsium , sebesar 33 mg Fosfor , sebesar 23 mg Zat besi , sebesar 0.4 mg Asam askorbat, sebesar49 mg Energi , sebesar 51 kal Sisanya Air ,sebanyak 86 gram.


Kandungan jeruk nipis dan manfaat jeruk nipis

1. Macronutrients, Serat dan Kalori

1 cangkir air jeruk nipis segar mengandung 1 gram protein, 0,17 gram total lemak, yang merupakan 2 persen dari nilai harian yang ditetapkan oleh Amerika Serikat Food and Drug Administration berdasarkan diet 2.000 kalori per hari. Mengandung sekitar 20 gram karbohidrat, 1 gram serat dan 60 kalori. Selain itu, air jeruk nipis memiliki jumlah sejumlah lemak yang bebas kolesterol.


2. Nilai Micronutrient

Jeruk nipis kaya akan vitamin C. 1 cangkir air jeruk nipis segar mengandung 73 miligram, yang lebih dari 100 persen nilai harian vitamin C yang dibutuhkan tubuh. Vitamin C sangat penting untuk pengembangan jaringan ikat tubuh, untuk penyembuhan luka dan mendukung dinding pembuluh darah. Jeruk nipis mengandung mikronutrien penting lainnya dalam jumlah yang lebih kecil, termasuk kalsium, magnesium, kalium, fosfor, vitamin A dan vitamin B.


3. Kaya flavonoid

Flavonoid adalah pigmen yang memberikan warna tanaman mereka. Buah jeruk dan jus mereka kaya flavonoid, yang bertindak sebagai antioksidan kuat. Antioksidan membantu melindungi tubuh Anda dari radikal bebas, yang merupakan molekul tidak stabil yang merusak sel-sel sehat. Menurut Linus Pauling Institute, diet kaya flavonoid terkait dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular, penyakit saraf degeneratif seperti Alzheimer dan penyakit Parkinson, dan kanker tertentu.


4. Kandungan Asam sitrat

Asam sitrat inilah yang membuat rasa asam getir jeruk nipis yang mungkin memberikan perlindungan berharga bagi tubuh. Dalam sebuah studi yang menyelidiki aktivitas antibakteri dari air jeruk nipis terhadap spesies bakteri berbahaya, air jeruk nipis efektif dalam mengurangi penyebaran bakteri karena asam sitrat dalam jus.

Menurut sebuah artikel yang diterbitkan dalam “Journal of Science Gizi dan Vitaminology “pada bulan April 2006 tentang penelitian jeruk nipis segar. Hasil penelitian menunjukkan manfaat jeruk nipis segar efektif dalam mencegah infeksi bakteri tertentu.


6. Kandungan Mineral

Kandungan jeruk nipis memang sangat banyak. Jeruk nipis mengandung sejumlah mineral sehat seperti besi, tembaga, kalium, dan kalsium. Kalium dalam sebuah komponen penting dari sel dan cairan tubuh membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah.
Manfaat jeruk nipis untuk kecantikan dengan membuat masker jeruk nipis diantaranya

  •  Dapat memutihkan kulit wajah
  •  Dapat membersihkan kulit wajah yang kusam
  •  Dapat menghaluskan kulit wajah yang kasar
  •  Dapat mengangkat sel kulit mati
  •  Dapat mengatasi kulit berminyak
  •  Dapat menghilangkan jerawat
  •  Dapat menghilangkan komedo
  •  Dapat menyamarkan noda dan bintik hitam
  •  Dapat menghilangkan tanda-tanda penuaan
  •  Dapat mengencangkan kulit wajah
  •  Dapat mengangkat sisa-sisa kosmetik yang menempel
  •  Dapat menetralisir racun-racun di dalam kulit wajah akibat dari penggunaan kosmetik dan masih banyak lagi manfaat-manfaat lainnya.


Manfaat jeruk nipis untuk kecantikan

Memang kecantikan adalah prioritas yang diutamakan untuk tampil dimuka umum, jika perempuan itu tidak mempunyai wajah yang bersih pasti dia akan merasa tidak percaya diri. Sehingga saya berkesempatan memberikan informasi yang semoga bermanfaat yaitu Kandungan Jeruk Nipis dan Manfaat Jeruk Nipis untuk Kecantikan serta Pengolahannya. Inilah manfaat jeruk nipis untuk kecantikan wajah diantaranya :

manfaat jeruk nipis untuk kecantikan




     1. jeruk nipis dapat menghilangkan Noda Hitam

Air jeruk nipis dianggap sebagai agen pemutih alami karena sifatnya yang ringan pada kulit. Jeruk nipis dapat digunakan untuk meringankan bintik-bintik gelap atau jeruk nipis bisa menghilangkan flek hitam. Berikut ini beberapa cara menerapkan manfaat jeruk nipis untuk kecantikan/kulit/wajah :
Terapkan air jeruk nipis pada kapas dan oleskan ke bagian gelap pada kulit dan biarkan selama 30 menit. Pastikan untuk tetap tinggal di dalam rumah dan hindari kontak langsung dengan sinar matahari, karena air jeruk nipis dapat membuat kulit sensitif terhadap sinar matahari.
Disarankan untuk menerapkan tabir surya sebelum keluar rumah.


     2. Jerawat dan Bekas Noda

Jerawat dan noda yang disebabkan oleh kotoran, minyak dan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori wajah. Jerawat adalah masalah yang sering terjadi pada orang dengan kulit yang cenderung berminyak. Selain itu, bakteri yang hadir pada pori-pori wajah akan memperburuk peradangan, meningkatkan kemerahan dan nyeri.
Sifat antibiotik jeruk nipis menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan jerawat. Untuk menjaga jerawat, dapat dikombinasikan dengan madu. Sementara manfaat madu memiliki sifat anti bakteri yang mencegah pertumbuhan bakteri, sifat asam dari manfaat jeruk nipis akan mengontrol kelebihan minyak.

Lakukan perawatan wajah ini setiap minggu untuk menghilangkan jerawat Bekas luka jerawat, dapat diringankan dengan memijat bagian kulit wajah dengan air jeruk nipis segar.


     3. Anti Penuaan

Perkembangan usia dan juga paparan sinar UV matahari, membentuk melanin yang berpengaruh terhadap warna pada kulit. Kemudian akumulasi melanin pada kulit ini, menimbulkan bintik-bintik gelap dan menimbilkan tanda-tanda penuaan. Untuk mendapatkan menfaat jeruk nipis untuk menghambat produksi melanin, dapat dilakukan seperti berikut :
Kupas jeruk nipis dan gosok pada kulit
Atau terapkan masker alami dengan kulit jeruk nipis, yang secara signifikan mengurangi pigmentasi berlebihan.


     4. Mengecangkan Pori-pori

Astringent efektif dalam mengecangkan otot-otot sementara. Itulah alasan mengapa mereka sering digunakan dalam produk kecantikan dan perawatan kulit untuk meningkatkan penampilan kulit wajah. Minyak jeruk nipis memiliki sifat astringent dan dapat digunakan untuk mengencangkan pori-pori, sehingga mengurangi produksi minyak untuk memberikan kulit yang lebih cerah dan sempurna.


     5. Menghapus Kulit Mati

Asam sitrat hadir dalam kulit jeruk nipis, yang sangat berguna untuk mengelupaskan sel kulit mati. Jeruk nipis sering digunakan dalam perawatan kecantikan di spa serta pengobatan rumah untuk meningkatkan kesehatan dan penampilan kulit wajah.


     6. Kulit Bersinar

Untuk kulit bercahaya, semua yang perlu dilakukan adalah mengoleskan kulit, dengan segelas air hangat yang dicampur madu dan perasan jeruk nipis setiap pagi secara teratur. Hal ini akan memberikan cahaya alami kulit.


     7. Mengatasi Flek Hitam

Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat menimbulkan flek hitam kulit. jeruk nipis flek hitam dapat digunakan untuk menghapus flek ini secara efektif. Yang perlu dilakukan adalah mencampur tepung dengan menambahkan beberapa air jeruk nipis ke dalam campurannya. Oleskan pasta ini secara merata pada kulit dan biarkan hingga kering. Cuci muka dengan air dan keringkan. Perawatan wajah ini harus dilakukan setiap minggu untuk hasil yang lebih baik.


     8. Mengatasi Pori-pori Membesar

Astringent sering digunakan dalam kecantikan dan perawatan kulit produk untuk meningkatkan penampilan kulit wajah. Jeruk nipis memiliki sifat astringent dan dapat digunakan untuk mengencangkan pori-pori. Hal ini untuk sementara mengurangi produksi minyak berlebih untuk membuat kulit lebih cerah.


     9. Manfaat jeruk nipis dapat menjaga Kelembaban Alami Kulit

penggunaan jeruk nipis untuk kecantikan adalah perasaan jeruk nipis ditambah dengan putih telur dapat dijadikan masker jeruk nipis, lakukan rutin tiap hari agar bias mendapatkan hasilnya untuk mempertahankan kelembapan kulit.


Pengolahan manfaat jeruk nipis untuk kecantikan antara lain

cara pengolahan tentang manfaat jeruk nipis untuk kecantikan sangat beragam dari waktu ke waktu dan inilah salah satunya yang masih banyak digunakan di kalangan masyarakat diantaranya

Cara pertama
Siapkan 1 buah jeruk nipis yang masih segar, lalu belah menjadi 2 bagian. Setelah itu, gosok-gosokan jeruk nipis tersebut keseluruh kulit wajah dan leher secara perlahan dan merata. Selain itu, teman-teman juga dapat memeras jeruk nipis tersebut untuk di ambil airnya dan mengoleskannya keseluruh kulit wajah dan leher dengan menggunakan kapas.Setelah anda selesai mengoleskannya, kemudian diamkan beberapa saat sampai olesan jeruk nipis mongering.

Selanjutnya, bersihkan wajah anda dengan air dingin, kemudian keringkan dengan handuk yang lembut. Lakukan perawatan ini setiap malam sebelum teman-teman beranjak tidur, teman-teman akan lihat hasilnya dalam beberapa hari. Kulit wajah akan terlihat lebih bersih dan segar.
(Hentikan penggunaan jika terjadi iritasi, ini dikarenakan kulit anda sensitif, atau lakukan cara kedua dibawah ini. Jika tetap saja iritasi lebih baik konsultasikan pada dokter kecantikan)


Cara kedua
Cara kedua ini lebih baik dibandingankan cara diatas untuk mendapatkan manfaat dari jeruk nipis. Tips ini saya dapatkan dari Mas Agus seorang ahli pengobatan herbal gratis ketika sedang praktek keliling di daerah Melong, Cimahi Selatan.

Caranya cukup mudah dengan mencampurkan 1 buah air perasan jeruk nipis dengan putih telur (dapat menggunakan telur ayam kampung, telur ayam negeri atau telur bebek). Aduk hingga tercampur merata kedua bahan tersebut, lalu oleskan masker tersebut pada wajah sambil pijat-pijat halus. Diamkan selama 10 menit, lalu bersihkan dengan air hangat. Lakukan setiap hari atau 3 kali dalam seminggu pada malam hari sebelum tidur. Rasakan manfaatnya!

Perawatan ini merupakan cara yang ampuh dan efisien serta menyehatkan kulit, karena cara ini merupakan cara alami yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya dan tidak menyebabkan ketergantungan bagi penggunanya.

kandungan jeruk nipis dan manfaat jeruk nipis untuk kecantikan serta pengolahannya

Sumber dikutip dari manfaat.co.id dan  manfaat.co

Jeruk nipis memang banyak khasiat yang sangat banyak yang terkandung dalam buahnya. Disisi lain Kandungan Jeruk Nipis dan Manfaat Jeruk Nipis untuk Kecantikan serta Pengolahannya jeruk nipis juga mempunyai manfaat yang cukup banyak buat kesehatan tubuh. Inilah sedikit informasi yang dapat saya berikan, mohon maaf bila ada kata kata yang kurang berkenan di hati saudara dan saya ucapkan terima kasih.

0 komentar:

Posting Komentar