Kamis, 09 Maret 2017

Rahasia Manfaat Apel untuk Kesehatan

Rahasia Manfaat Apel untuk Kesehatan


       Rahasia Manfaat Apel untuk Kesehatan - Buah apel atau nama latinnya Malicus domestica adalah buah yang memiliki rasa manis dengan kandungan banyak air untuk memberi kesegaran saat melewati tenggorokan. Saat ini ada berbagai jenis buah apel yang di perjual-belikan di pasar buah, dari apel yang mempunyai kulit hijau, kuning dan merah.

manfaat apel untuk kesehatan


Dan menurut para ahli buah apel merupakan tanaman buah yang pertama kali yang dijadikan sebagai tanaman pertanian. Tumbuhan apel hanya bisa hidup di daerah yang mempunyai udara yang dingin seperti pegunungan dan saat ini negara-negara yang banyak mengekspor buah apel yaitu negara-negara yang berada di asia tengah. Buah apel pun selalu dikembangkan karena kaya akan manfaat apel untuk kesehatan.

Kandungan Buah Apel

       Kandungan buah apel sangat banyak, tidak heran manfaat apel untuk kesehatan pun sangat banyak. Apel mengandung banyak vitamin dan gizi. Di dalam 100 gram buah apel, kandungan gizi  meliputi energi 58.0 kal, protein 0.30 g karbohidrat 14.90 g, kalsium 6.00 mg, lemak 0.40 g, fosfor 10.00 mg, besi 1.30 mg, serat 0.07 g vitamin 24 RE, vitamin B1 0.04 mg, vitamin B 2 0.03 mg, vitamin C 5.00 mg, Niacin 0.10 mg.

Buah apel berkasiat dalam membantu  menyegarkan badan dan menyehatkan pikiran, serta anti oksidan yang terdapat dalam buah apel akan berperan besar dalam proses perbaikan metabolisme tubuh. Apel juga mengandung pectin (serat kasar), mineral berupa: Fosfor, Kalium,  Chlor, Na, Mg, Kalsium, S, Fe, Si dan enzim berupa asam amino, kandungan asam karbonat, laktat, sulfur, fosfor.

Sementara asam fenolik dalam apel berfungsi membantu menghilangkan radikal bebas dalam darah dan menghindari penyumbatan dalam pembuluh darah.

Manfaat Apel Untuk Kesehatan

Manfaat apel untuk kesehata sangat beragam, dari menjaga kesehatan sampai ampuh bisa menyembuhkan penyakit. Bukan hanya manfaatnya saja, buah apel pun enak akan rasanya. Manfaatnya Yaitu diantaranya :

Mencegah penyakit anemia

Penelitian tentang khasiat buah apel menunjukkan bahwa buah ini mengandung zat besi yang jumlahnya sangat banyak, seperti yang kita ketahui bahwa zat besi digunakan oleh tubuh untuk membentuk sel-sel darah merah, sehingga sangat mungkin untuk mengurangi kemungkinan untuk terkena anemia, kadar hemoglobin dalam darah akan meningkat jumlah darah di dalam tubuh anda akan meningkat.

Membantu menyehatkan pencernaan

Kandungan serat di dalam buah apel juga sangat ampuh untuk membantu menyehatkan pencernaan kita, zat serat dalam buah apel berguna untuk menjaga proses metabolisme dan menyeimbangkan pencernaan kita.

Menurunkan kolesterol dan menyehatkan jantung

Zat antioksidan dalam buah apel ini berguna untuk menurunkan kadar kolesterol jahat yang terdapat didalam darah kita, jumlah kolesterol yang sedikit akan mengurangi resiko terkena penyakit jantung.

Menyeimbangkan kadar gula darah (Mengatasi penyakit Diabetes)

Manfaat buah Apel rupanya tak hanya pada daging buahnya saja, melainkan kulit buah apel itu sendiri memiliki senyawa yang sangat baik untuk menekan kadar gula dalam darah, senyawa ini glicemic rendah dalam buah apel sangat ampuh untuk menekan gula darah sehingga sangat baik dikonsumsi untuk penderita Diabetes Melitus.

Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan didalam buah apel yang kaya akan vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh juga dipercaya mampu meremajakan kulit, kandungan itu antara lain vitamin A, B, C dan E dan beberapa mineral yang sangat baik untuk meremajakan kulit dan menjaga kulit agar tetap halus dan cerah. Buah apel ini diolah sebagai jus ataupun langsung sebagai masker kulit, ini karena vitamin di dalam buah apel dapat langsung diserap oleh kulit.

Mencegah osteoporosis (Penyakit Kerapuhan Tulang)

Selain kandungan vitamin, antioksidan dan serat yang tinggi didalam buah apel, buah apel juga ternyata mampu mensuplay asupan kalsium dan vitamin D kita, menkonsumsi secara rutin dapat membantu memperkuat dan memperpadat tulang kita, penelitian membuktikan bahwa orang yang menkonsumsi buah apel secara rutin setiap harinya akan memiliki kemungkinan menderita osteoporosis lebih sedikit dibandingkan yang tidak menkonsumsinya.

Mencegah Penyakit Kanker dan Al Zheimer

Penyakit kanker adalah penyakit yang sangat berbahaya dan sangat sering dijumpai di masyarakat yang serba dinamis, kanker payudara dan kanker paru-paru dalam penelitian Cornell University yang berada di New York mengemukakan bahwa resiko penderita kanker akan ditekan dengan menkonsumsi apel satu buah perhari, anda dapat mengurangi resiko terhadap kanker ini sebesar 17% (konsumsi satu buah perhari), dan 39% pada konsumsi 3 buah perhari.


       Dari artikel di atas kita dapat ilmu yang bermanfaat yaitu tentang Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan yang begitu banyak yang belum banyak orang yang mengetahui akan hal tersebut. Tetapi kita juga harus memperhatikan takaran untuk mengkonsumsinya, harus sesuai ahli gizi atau dokter sehingga kita dapat manfaat dari buah apel ini. Semoga bermanfaat , terima kasih …salam sehat.

sumber dikutip dari http://blog.uad.ac.id/ayu1500001194/2016/07/26/manfaat-buah-apel/

0 komentar:

Posting Komentar